Minggu, 31 Maret 2013

PANTAI KUNCIR, SIMFONI KHAS OMBAK LAUT SELATAN



PANTAI KUNCIR, SIMFONI KHAS OMBAK LAUT SELATAN




Pantai Kuncir terletak di Desa Jetak Kecamatan Tulakan. Akses termudah Untuk menuju pantai ini dari Kota Pacitan adalah melalui JLS. Sekitar 20 menit perjalanan sudah masuk wilayah Desa Jetak, lihat di kanan jalan ada papan penunjuk arah menuju Pantai Pidakan.



Dari JLS ini akses selanjutnya melalui jalan makadam yang lumayan licin apalagi jika di musim penghujan. Sekitar 250 meter kita sudah bisa menginjakkan kaki di Pantai Pidakan. Nah Pantai Kuncir itu terletak di baratnya Pantai Pidakan. Sebenarnya Pantai Kuncir dan Pidakan itu masih satu lokasi, hanya saja penduduk setempat menyebut pantai yang  menghadap selatan sebagai Pantai Pidakan sedangkan Pantai yang menghadap timur disebut sebagai Pantai Kuncir. Disebut Pantai Kuncir karena di area pantai ini ada batu-batu karang besar yang khas yang dinamakan “watu kuncir”.



Pantai kuncir ini tepian pantainya didominasi oleh batu-batu pantai yang bulat-bulat sebesar buah kelapa. Ketika laut sedang pasang besar, disarankan kita tidak menuju area tepi pantai karena ombaknya besar sampai menghantam area pertanian penduduk, sehingga banyak pohon tumbang terkena abrasi ombak laut selatan ini. 



Nah, ketika laut mulai surut disini keasyikannya. Kita bisa bermain-main air dan bisa juga memancing ataupun mencari kerang. Jika kebetulan sedang waktunya “pasatan” (pasatan = pasang surut), banyak penduduk setempat yang berbondong-bondong ke kawasan pantai ini untuk mencari kerang sehingga suasana menjadi lebih ramai, dan biasanya kondisi ini terjadi ketika sore hari menjelang matahari terbenam.


Ayo berwisata ke Pacitan. @rif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar