Minggu, 31 Maret 2013

PANTAI BUYUTAN, SURGA TERSEMBUNYI DI PACITAN.



PANTAI BUYUTAN, SURGA TERSEMBUNYI DI PACITAN.


Dimana lokasi di Pacitan yang paling asyik buat menyaksikan matahari tenggelam??? Anda akan tahu jawabannya setelah ke Pantai Buyutan.

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. Jalur termudah menuju Pantai Buyutan adalah melalui jalur ke Goa Gong. Dari jalan utama Pacitan – Solo, tepatnya di pertigaan dekat Masjid Besar Punung (jika dari arah Kota Pacitan berarti setelah SPBU Punung). Dari pertigaan ini jika dari arah Pacitan belok kiri, sampai ketemu pertigaan lagi ambil kanan, ikuti terus jalan aspal jalur Goa Gong. Setelah sampai kompleks Goa Gong, terus ambil jalan jurusan Kalak (ada papan penunjuk arah). Sampai di perempatan Balai Desa Kalak, ambil kiri setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan, ambil jalan yang kanan arah desa Widoro. Ikuti terus jalan ini sampai ketemu pertigaan dengan papan petunjuk informasi menuju Pantai Buyutan yg terletak di kiri jalan. Nah, ikuti jalanan yg menurun ini. Awalnya jalan aspal kemudian masuk ke jalan rabat. Jika ada percabangan jalan ikuti terus jalan yang lurus. Di beberapa titik jalan masih berupa jalan makadam dan mendekati lokasi pantai kembali melewati jalan rabat. 


Lokasi pantai diawali dengan hamparan persawahan yang sangat luas dan rata, dengan hiasan gubuk-gubuk petani yang menyajikan panorama landscape yang sangat menawan terutama jika kita kesana pagi atau senja hari. 


Ketika sampai di ujung jalan atau di ujung selatan kawasan persawahan ini, pesona sesungguhnya barulah nampak di hadapan kita. Sebuah pantai yang tersembunyi di bawah areal pesawahan. Pantai dengan pasir putih yang menghampar sepanjang tepiannya dengan air laut yang sangat jernih sungguh menyajikan pesona alam yang tidak terlupakan.
Kita bisa saja berhenti sampai sini untuk menikmati pantai dari atas (lokasi ini merupakan salah satu lokasi paling tepat untuk menikmati sunset di pantai). Kita juga bisa menuju ke kawasan pantai dengan berjalan kaki karena kendaraan biasa tidak bisa turun ke areal pantai yang menurun dan berkelok curam. 


Pantai buyutan mempunyai ciri khas batu-batu karang yang beraneka bentuk, ada yg berbentuk mirip perahu, dan yang paling khas berbentuk seperti mahkota dewa. Konon menurut mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat, batu ini dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu.



Kawasan pantai juga ada tanah lapang yang lumayan luas cocok digunakan bagi anda yang berminat camping. Ada juga sumber air tawar kecil yang bisa digunakan untuk kebutuhan memasak/minum dan juga mandi/berbilas setelah bermain air laut.



Perlu sedikit berhati-hati di pantai ini terutama bagi yang berkemah, karena di tebing-tebing di belakang kawasan pantai merupakan habitat yang dihuni kawanan monyet. Tidak terlalu mengganggu sebenarnya karena mereka pada dasarnya takut dengan manusia, tapi tidak ada salahnya untuk waspada terutama terhadap barang-barang bawaan kita.




Pantai Buyutan walaupun belum dikelola sebagai pantai wisata, tetapi tetap menyajikan fasilitas alam yang tentunya sangat mendukung pesona keindahannya yang bagaikan surga yang tersembunyi. Ayo berwisata ke Pacitan. @rif.

18 komentar:

  1. terima kasi byk infonya, selama ini yang saya kujungi baru telengria aja. mudah2an lain kesempatan saat kepacitan q bisa mampir di buyutan beach....

    BalasHapus
  2. sumpah.. pengen bgt nyunset di buyutan,
    ngomong2 kalo ke pantai kunir dan kuncir tu brpa jam ya dari solo?

    monggo mampir juga di blog saya :D
    http://vhandojourney.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau ke kunir tambahin waktunya 1 jam

      Hapus
    2. kalo bermalam di rumah warga sekitar bisa gag sih mas?

      Hapus
    3. Pantai KUnir dr pusat kota pacitan sekitar 45 menitan. pantai kuncir hanya setengah jam dr pusat kota pacitan. kalau dr solo, tinggal nambahin 2 jam.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kereeeeen, kayak pantai klayar ya ada batu karangnya yg menjulang....

    BalasHapus
  5. sipp,satu jalur ma banyu tibo ya?

    BalasHapus
  6. bentar lagi kesitu hh tgl 17 august =D

    BalasHapus
  7. Istimewa kota pacitan sungguh mantap
    Kota pacitan tidak hanya terkenal dengan sebutan kota 1001 goa tetapi untuk wisata air.nya sungguh luar biasa bisa memikat hati para trafeling indonesia

    BalasHapus
  8. Jalurnya bisa dilewati mobil nda mas....?

    BalasHapus
  9. wonderful pokoknya, i love pacitan. kmaren pas pertama kali kesana saya terheran heran sama batu yang di tengah tu. kayak di pahat, sampai2 aq tanya sama penduduk lokal. katanya itu asli, gak di buat manusia. pas bawa tamu kesini, mereka juga pada ngeyel, katanya tu batu di buat manusia. karena memang batu yang di tengah tu menjadi pemandangan yang berbeda. indah pokoknya, gak ngebosenin

    BalasHapus
  10. Tanya dong mas. Buat ngecamp bisa gak?

    BalasHapus
  11. Jadi inget dulu pernah kesana sepi asri bnyak bulu babi dan lobsternya . Bisa buat camping gan di tebingnya enak kok cba aja gak bkal rugi pantai terbaik di pancitan

    BalasHapus
  12. insyaAllah, 11-12 Desember 2016 mau camping di situ...:-)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. keren pantainya. admin (ujaey bob)

    BalasHapus